Comments

Pengertian, Fungsi, Dan Istilah Prosesor Komputer Lengkap

Posted by at Wednesday, May 17, 2017 Read our previous post
prosesor
Jika berbicara tentang Komputer dan sejenisnya. Prosesor adalah salah satu komponen penting komputer. Saking pentingnya prosesor, Sampai banyak orang yang menyebut prosesor sebagai otak dari komputer. 

secara jelasnya prosesor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. 



Prosesor terletak di motherboard, motherboard harus disesuaikan dengan jenis soket prosesor contoh untuk proscessor intel ada soket LGA maka cari motherboard dengan soket LGA juga.

Namun ada hal terpenting yang selalu terlupakan yaitu nilai TDP prosesor harus sesuai dengan motherboardnya. 

Bagian terpenting dari prosesor adalah :

Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.

Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.

Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Processor juga merupakan chip yang sering disebut "microprocessor" yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz (GHz). 

Beberapa Istilah Pada Prosesor :

Bentuk /Package       

Processor memiliki bentuk yang bermacam-macam,sampai saat ini ada yang berbentuk socket dan slot. Processor tipe socket berupa keping chips lengkap dengan kaki chips/pin. Sedangkan processor tipe slot berupa lempeng elektronik dengan penghubung berbentuk memanjang atau slot. Pada beberapa motherboard tertentu ada processor yang sudah dipasang permanen, tidak bisa dipergantikan lagi jika mengalam kerusakan.

Tegangan Kerja Processor /Vcore/CPU Voltage  (Volt)                                                                         
Pemasangan processor pada beberapa motherboard memerlukan pengaturan tegangan. Tetapi saat ini beberapa motherboard modern telah memiki pengatur tegangan otomatis.

CPU Speed Atau Kecepatan / Frekuensi Processor (Hz)                                                                         
Processor yang bagus cenderung memiliki kecepatan yang tinggi. Processor keluaran intel untuk PC pertama adalah 5 MHz.1 Hz dalam hal ini berarti banyaknya data yang diproses per satu detik.

FSB (Front Side Bus)                                                                                                                        
Kecepatan jalur transfer antar processor dan motherboard. Processor dan motherboard dengan FSB yang cepat dapat mengoptimalkan kecepatan kerja sistem PC. Processor yang memiliki speed sama dengan FSB berbeda akan memiliki kecepatan kerja yang berbeda.

Multiplier                                                                                                                                           
Angka faktor pengali pada processor, biasanya berupa angka positif berkelipatan 0,5 atau 1. Nilai multiplier sudah ditetapkan oleh pembuat processor.dengan sistem multiplier produsen processor dapat memproduksi berbagai macam tingkat kecepatan processor.

Cache                                                                                                                                             
Memori internal pada processor yang dapat mengoptimalkan transfer data dari dan ke processor. Cache memori saat ini terbagi menjadi 3 jenis level cache L1,L2 dan L3. Tidak semua processor memiliki tiga jenis level cache. Makin besar cache memory dan makin banyak level cache, maka kerja processor cenderung makin cepat. 

Fitur                                                                                                                                                   
Kemampuan khusus dari processor seperti MMX,SSE,SSE2,SIMD,(intel/AMD);3D Now,Enhanced 3D Now (AMD); Hyperthreading (intel);Hypertansport (AMD); dual core (intel/AMD); 64 Bit (intel/AMD);dll.

Overclock CPU 

adalah teknik untuk meningkatkan atau menaikkan nilai clock speed processor dari kecepatan umum yang dimiliki processor . Overlock ini dilakukan dengan mengubah setting nilai FSB dan multiplier pada motherboard.

Prosesor atau CPU memiliki fungsi, yang Pada umumnya berfungsi memproses data yang diterima dari masukkan (input), kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output. 

Untuk itu prosesor tidak dapat bekerja sendiri namun membutuhkkan dukungan komponen lain terutama hardisk dan RAM untuk saling berhubungan. Dalam memproses sebuah data dapat dilakukan dengan waktu proses cepat atau lambat tergantung kecepatan prosesor tersebut. 

Saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHz) artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaannya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi di dunia.

Bagaimana cara menghitung kecepatan Prosesor :

Rumus menghitung kecepatan processor : CPU Speed=FSB x Multiplier
contoh :terdapat processor berkecepatan 850 MHz,dengan FSB 100 MHz,berapa multiplier processor tersebut?
jawab: 850 MHz=100 MHz x Multiplier
Multiplier =850 MHz / 100 MHz
Multiplier =8,5

Produsen Prosesor :

Ada dua produsen prosesor yang tak asing di telinga kita yang banyak peminatnya yaitu INTEL dan AMD. Sedangkan produsen processor lainya seperti Apple, Cyrix VIA,  IBM ,IDT ( Integrated Device Technology ) juga bagian dari merk atau produsen prosesor juga walaupun tidak se populer INTEL Dan AMD. 

Segitu saja, Semoga artikel Pengertian,Fungsi, dan Istilah Prosesor Komputer Lengkap ini dapat menambah wawasan anda. 




No comments :

Post a Comment

© Softjan is powered by Blogger - Sponsored by Jual Sirup TJAMPOLAY