Comments

Pengertian Dan Fungsi RAM Komputer Lengkap

Posted by at Tuesday, May 16, 2017 Read our previous post
Ram
Komputer membutuhkan media penyimpanan untuk menyimpan data maupun software, media penyimpanan tersebut salah satunya RAM. Ram merupakan salah satu komponen penting komputer yang bertugas untuk menyimpan data komputer pada saat komputer beroperasi atau menyala. Ram sangat berpengaruh dalam menentukan kecapatan kinerja komputer. Disini saya akan membagikan kepada anda Pengertian Dan Fungsi Ram Komputer secara lengkap.



Dulu Ram pertama kali di temukan sekitar tahun 60an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belum terlalu popular di bandingkan memori magnetik. Mungkin karena waktu itu harga dari memori berbahan semikonduktor terlalu mahal di banding memori utama magnetik. Beda dengan sekarang yang menuntut kecepatan dalam pengeolahan data digital. Makanya sebuah Ram sangat di butuhkan untuk kecepatan akses data.

Ram (Random Access Memori) adalah  sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori (akses secara acak). Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Yang membedakan Ram dengan memori lainya adalah Ram memilik kecepatan yang lebih di banding memori lainya kecuali register dan chace memori. Kisaran 10 kali lipat lebih cepat. 

Ram juga dapat di tulis dan di baca beda dengan Rom yang hanya dapat di baca saja. Memori utama (main memory) adalah sebutan lain dari ram karena dapat di gunakan dan mengubah informasi secara aktif.  meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.

Ram sendiri letaknya berada di motherboard, Di motherboard ada salah satu slot yang di peruntukan untuk menginstal RAM. Biasanya slot ram terletak si dekat soket prosesor. 

Seiring kemajuan teknologi yang semakin cepat, Ram saat ini berada digenerasi DDR3 bahkan DDR4 pun sudah ada.

Diatas Tadi Adalah Pengenalan Sedikit Tentang Ram , Kali Ini  Saya Akan Membagi Fungsi dari RAM :

Mempercepat Kinerja Pemprosesan  - Prosesor membutuhkan komponen lain dalam melakukan pekerjanya yaitu memproses sebuah data atau intruksi, Ram adalah salah satu komponen yang bisa saling bahu membahu dalam melakukan pekerjaan pemrosesan ini. Yang membuat komputer anda lelet tidak cepat kemungkinan karena kpasitas ram yang kecil, tapi sebaliknya, jika kapasitas memori pada sebuah ram besar, Kinerja komputer anda dalam mengolah data semakin cepat. Karena Prosesor tentu amat membutuhkan kapasitas ram yang besar. 

Sebagai Media Penyimpanan Sementara - Ketika anda mengetik huruf pada Microsoft word, misal huruf “A”. Sebelum huruf tersebut di simpan di haridisk atau partisi, Huruf tersebut sementara tersimpan terlebih dahulu di ram. Contoh ke 2, Ketika menjalankan atau membuka sebuah aplikasi, Aplikasi yang di buka akan mengirimkan informasi, yang kemudian di simpan kedalam ram. Ram akan menuruskan informasi ke CPU lalu CPU akan memproses informasi yang ada dalam ram.

Dan ingat proses tersebut terjadi sangat cepat hanya dalam waktu beberapa detik saja. Mungkin akan lebih cepat lagi prosesenya jika kapasitas ram lebih besar.

Multitasking - Multitasking sendiri adalah suatu keadaan dimana komputer bisa menjalankan 2 bahkan lebih aplikasi secara bersamaan. maksudnya kita bisa membuka program Microsoft word dan mebuka web browser atau aplikasi lainya secara sekaligus atau bersamaan. Dan semakin besar kapasitas pada ram. Maka penggunaan multitasking pada computer semakin lancar. 

Penunjang Gaming Dan Desaign - Buat anda yang hobi main game di pc dan juga nge desaign. Aplikasi yang berbasis 3D dan desaign amat membutuhkan sebuah ram yang memiliki kapasitas yang besar. selain VGA juga yang harus ok, fungsi ram yang satu ini sangat membantu anda dalam menyalurkan hobi.

Untuk Menentukan Spesifikasi Pada Komputer - Ketika anda membeli komputer, bukan hanya kualitas dari cpu nya doang, Tapi kualitas dan kapasitas RAM juga penting untuk di pertimbangkan. karena, kualitas dan kapasitas ram ini bisa menjadi patokan konsumen dalam membeli sebuah komputer. kalau untuk sehari hari seperti hanya mengerjakan tugas kantor dan kuliah kapasitas Ram yang 2 gb saja juga cukup. Jika untuk aplikasi berbasis 3D dan design, mungkin kapasitas ram harus di upgrade.

Segitu saja artikel Pengertian Dan Fungsi Ram Pada PC. Semoga menambah wawasan anda.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_akses_acak
       
              http://dosenit.com/hardware/ram/fungsi-ram
     




No comments :

Post a Comment

© Softjan is powered by Blogger - Sponsored by Jual Sirup TJAMPOLAY