Comments

Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Sistem Operasi Komputer

Posted by at Thursday, May 18, 2017 Read our previous post
Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan bagian dari software. Di artikel sebelumnya kita telah membahas PENGERTIAN DAN FUNGSI SOFTWARE KOMPUTER  LENGKAP. Kali ini saya akan membahas mengenai sistem operasi atau operating system (OS).

Sistem operasi sendiri tugasnya mengontrol dan memanajemen perangkat keras dan operasi dasar sistem. Bisa di bilang sistem operasi lah yang mewadahi aplikasi aplikasi yang ada di desktop. Aplikasi semacam Microsoft office dan sebagainya tidak akan bisa berjalan tanpa adanya sistem operasi kecuali program booting. Karena sistem operasi sendiri tugasnya menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. 

Jadi intinya Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Secara Umum Sistem Operasi Terdiri Dari Beberapa Bagian  Yaitu:

Mekanisme Boot - yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
Kernel - yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
Command Interpreter atau shell - yang bertugas membaca input dari pengguna
Pustaka-pustaka - yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
Driver - untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

Sistem Operasi  Mempunyai Beberapa Fungsi Yaitu  : 

1. Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.

2. Sistem Operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.

3. Sistem Operasi yang disusun/ diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/ pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.

Contoh – Contoh Sistem Operasi :

Microsoft Windows

Windows bisa di bilang adalah sistem operasi yang paling  popular di dunia komputer. Windows dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Microsoft windows mempunyai kelebihan dari os yang lainya yaitu windows lebih user friendly  dan lebih gampang dalam instalsinya.

Linux

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, Jadi wajar saja kalau linux banyak di dukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. 

Machintos

Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI) dan salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple.

Dos

Dos merupakan kependekan dari Disk Operating System. Dos merupakan Jenis sistem operasi pertama yang masuk ke dalam sistem operasi stand alone. Sistem operasi stand alone sendiri merupakan Sistem Operasi lengkap yang bekerja pada komputer desktop, notebook atau perangkat komputer bergerak.
.
Mungkin 4 contoh saja yang bisa saya bagikan. Karena di dalam sistem operasi masih banyak berbagai macam jesis contohnya seperti jenis sistem operasi stand alone, Sistem operasi jaringan, sistem operasi embedded, Sistem operasi live CD yang akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Baca Juga : Macam - Macam Dan Jenis Sistem Operasi

Segitu Saja artikel Pengertian, Fungsi, Dan Contoh Sistem Operasi Komputer yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. 

Sumber : Wikipedia

No comments :

Post a Comment

© Softjan is powered by Blogger - Sponsored by Jual Sirup TJAMPOLAY