Comments

Macam - Macam Dan Jenis Sistem Operasi

Posted by at Thursday, May 18, 2017 Read our previous post
Macam - Macam  Dan Jenis Sistem Operasi

Di artikel  Sebelumnya mungkin anda sudah membaca artike tentang PENGERTIAN, FUNGSI DAN CONTOH - CONTOH SISTEM OPERASI KOMPUTER. Kalau belum silahkan baca dulu.hehe. Jadi pada intinya Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan atau booting.


Ada 4 jenis sistem operasi, Ada sistem operasi Stand Alone, Sistem Operasi Jaringan, Sistem Operasi Embeded, Dan Sistem Operasi Live CD. DI bawah ini saya akan menerangkan satu per satu :

Sistem Operasi Stand Alone

Komputer yang biasa kita gunakan saat ini rata - rata memakai jenis sistem operasi stand alone. Karena sistem operasi stand alone memiliki fitur fitur tertentu pada tiap jenis nya. Ya dari namanya juga stand alone sistem operasi jenis ini dapat berdiri sendiri, dan bisa digunakan baik single user maupun multi user. Sistem Operasi Stand-Alone, merupakan Sistem Operasi lengkap yang bekerja pada komputer desktop, notebook atau perangkat komputer bergerak. Beberapa Sistem Operasi dikenal sebagai Sistem Operasi Client, karena Sistem Operasi ini bekerja bersama Sistem Operasi Jaringan. Sistem Operasi Client dapat beroperasi dengan atau tanpa jaringan, pada dasarnya Sistem Operasi jenis ini disertakan dengan kemampuan jaringan, sehingga memungkinkan user untuk membuat suatu jaringan kecil.

Yang  termasuk sistem operasi stands alone yaitu, Dos, Microsoft Windows, Mac Os, Linux, Unix, Amiga, Google Chrome, Sun Solaris.

Sistem Operasi Jaringan 

Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan dan mampu mengoperasikan komputer sebagai sebuah server jaringan, ataupun sebagai sebuah workstation di dalam jaringan komputer. Sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.

Yang termasuk Sistem Operasi Jaringan yaitu, Unix, Windows Server, Mac Os server, Sun Solaris, Novell NetWare.

Sistem Operasi Embeded

SIstem operasi ini merupaklan versi dari beberapa jenis sistem operasi komputer. Terutama komputer desktop. Sistem Operasi Embedded sangat erat kaitannya dengan sistem operasi komputer pada sebuah smartphone, baik merupakan pengembangan dari sistem operasi komputer sendiri, ataupun memang sengaja dibuat khusus hanya untuk smartphone saja.

Yang termasuk Sistem Operasi Embeded  yaitu, Windows Mobile/Windows Phone, Palm OS, Embeded Linux,  Symbian,  Android OS, iOS.

Sistem Operasi Live CD

Sistem Operasi Live CD memungkinkan setiap user dapat mengoperasikan komputernya dengan menggunakan sebuah CD. Atau alat penyimpanan compact lainya seperti flash drive atau disket. Sistem operasi ini memiliki kapasitas resourch yang ringan dan mudah digunakan. Tetapi sistem operasi ini fitur fitur nya amat terbatas. Tidak lengkap seperti sistem operasi yang biasa.

Yang termasuk Sistem Operasi Live CD yaitu, Microsoft Windows Mini PE, Ubuntu, Knoppix.

Mungkin segitu saja artikel yang bisa saya bagikan tentang Macam – Macam Dan Jenis Sistem Operasi.

Sumber : http://dosenit.com/software/sistem-operasi/contoh-sistem-operasi-komputer-dan-penjelasannya

No comments :

Post a Comment

© Softjan is powered by Blogger - Sponsored by Jual Sirup TJAMPOLAY