Comments

Andai Kamu Tinggal Di korea Utara , 9 Fakta Mengejutkan Tentang Korea Utara

Posted by at Monday, May 08, 2017 Read our previous post
Korea utara merupakan sebuah Negara yang penuh dengan misteri dan propaganda, Negara tak umum di dunia, Negara yang mengasingkan diri dari penduduk bumi. Mungkin itu yang ada di benak anda melihat sebuah kehidupan bernegara di sana.

Banyak fakta yang membuat anda terkejut di buatnya. Seperti contoh, apabila ada warga Negara  yang ingin berpergian entah di dalam negri maupun ke luar negri harus melakukan ijin dulu, sehingga jalanan di korut nampak sepi karena tidak adanya lalu lalang transportasi umum yang membuat jalanan di korut bak taman bermain bagi anak-anak di sana.

Negara dengan ibu kota  Pyongyang ini mempunyai ideology juche yang merupakan ideology resmi Negara tersebut. Dimana ideology juche di gagas oleh kim Il-Sung yang merupakan mantan pemimpin korut.

Ideologi juche sendiri merupakan sebuah teori yang mengadilkan sistem penguasaan tunggal di bawah Kim Il Sung hingga ‘Juche’ bisa dikatakan sebagai pemujaan personal untuk Kim Il-sung sebagai ideologi yang didukung oleh konstitusi. Istilah ‘Juche’ pertama kali diungkapkan secara resmi dalam pidato yang dilaksanakan oleh Kim dalam Sidang propaganda dan promosi partai buruh Korea pada 28 Desember 1955, berjudul “Tentang pembangunan secara mandiri dan menghapuskan dogmatisme dan formalisme dalam proyek ideologi”. Bisa di simpulkan bahwa juche itu percaya dan bergantung pada diri sendiri.

Berawal dari ideology tersebut  yang membuat Negara yang di pimpin oleh kim jong un ini menjadi Negara yang menutup diri dari penduduk bumi. Bukan itu saja pemimpin di sana juga sering  membuat aturan aturan yang saya kira sangat merugikan sebagian rakyat nya.

Nah, sekarang saya akan memberikan sebuah informasi mengenai fakta yang kalian harus tau dari Negara korut ini :


Larangan Merayakan Ulang Tahun Kepada Warganya

Larangan ini berlaku untuk warga yang berulang tahun pada tanggal 17 Desember dan 8 juli, karna di tanggal tersebut 2 tokoh berpengaruh sekaligus mantan pemimpin korut meninggal dunia. Kim Il -sung sang presiden abadi meninggal pada tanggal 17 desember, Sedangkan Dear Leader Kim Jong-il meninggal pada 8 juli. Jadi buat warga korut yang lahir pada tanggal tersebut mungkin kurang beruntung karena mereka tak pernah merayakan ulang tahun kelahiranya.

Larangan Memakai Celana Jeans

Di Indonesia mah bebas – bebas aja memakai pakaian apapun asalkan tak melanggar etika. Yang unik nya di Negara korut ini warganya di larang memakai celana jeans. Alasanya, karena memakai celana jeans di anggap sebagai tanda imperialisme amerika. Namun larangan tersebut hanya berfokus di daerah hamgyong utara dan Yanggang. Ada rasa ketakutan dengan aturan ini di Pyongyang karena wilayah Pyongyang sedang terkena demam pakaian barat.

Negara Penuh Propaganda

Propaganda sendiri merupakan penyampaian pesan tidak obyektif, yang artinya  memberikan informasi yang dirancang untuk memengaruhi pihak yang mendengar atau melihatnya. Jadi pesan yang di samapikan itu bohong. Bahkan  korut sendiri menciptakan perkampungan propaganda, letak perkampungan tersebut di Kijong-dong, Di kenal dengan kampung perdamaian. Letaknya berbatasan langsung dengan korsel. Pemerintah korut sendiri menyatakan ada sekitar 200 an penduduk di desa tersebut. Jika di lihat dari korea selatan memang kampung tersebut Nampak tenang , tentram dan damai. Sehingga orang yang melihatnya mempercayai bahwa keadaan korut tak seburuk apa yang mereka tahu. Namun jika kita melihat dari sisi yang berbeda, melihat lebih dekat kampung tersebut, Kampung tersebut Nampak sepi tak ber penghuni. Tak ada satu orang pun yang tinggal di sana. Gedung – gedung di sana hanya hiasan semata.Banyak yang menduga, Pemerintah korea utara sengaja membuat kampong perdamaian hanya untuk propaganda. Untuk memberi kesan, bahwa Korea Utara selama ini baik-baik saja. Bukan hanya itu saja, karena masih banyak bentuk propaganda lain dari pemerintah korut ini.

Tidak Boleh Menggunakan Pisau

Pisau sangat di butuhkan jika kita ingin memotong sesuatu, Tapi pisau tidak berlaku jika kita tinggal di korea utara, Ya, Di korut jika ingin memotong apapun seperti hal nya makanan hanya boleh menggunakan gunting panjang.

Hanya Boleh Memililiki 28 Jenis Model Rambut

Aturan unik lainya di korut, Warga tidak boleh memotong rambut dengan model semaunya, ada aturanya dimana warga hanya boleh memiliki 28  jenis  model rambut. Perincianya 10 model untuk laki-laki dan 18 model untuk perempuan.Hmmm, Ribet juga ya sampai segala model rambut di atur-atur.

Tidak Boleh Menonton Drama Dari Korea Selatan

Remaja indoensia khususnya yang perempuan banyak yang suka film – film drama korea, Sampai artis artis korea di eluh eluh kan mereka. Di korut acara drama yang berasal dari korsel dilarang keras di sana. mungkin faktor hubungan korut dan korsel yang tak pernah akur. Bukan hanya music saja, Barang barang lain yang berbau korea selatan tidak di perbolehkan ada di Negara ini. Pokoknya segala yang berkaitan dengan korsel tidak di perbolehkan.

Aturan “three generations of punishment” atau "hukuman bagi tiga generasi"

Jadi gini, Jika ada seorang kakek di korut melakukan tindak kejahatan, yang mendapatkan hukuman adalah 3 generasi keluarganya walaupun keluarganya tidak pernah melakukan kejahatan. 

Akses Internet Terbatas

Internet sangat di butuhkan untuk berbagi informasi secara cepat, maka tidak salah jika banyak Negara maju yang memiliki akses internet dengan kecepatan tinggi dan di negara maju juga banyak tempat penyedia jaringan internet seperti hotspot di taman – taman kota nya. Tetapi anehnya di korut sangat terbatas akses internetnya, akses internet di korut hanya bisa di nikmati oleh kaum elit. Sebutan pada mereka yang mendapatkan akses internet di sebut Kwangmyong. Korut memiliki sistem operasi sendiri bernama Red Star dan isi konten nya di saring oleh Negara. Hanya menampilkan 1.000 dari 5.500 situs yang di setujui pemerintah. Bayangkan, kurang lebih 1.000 an alamat IP yang tersedia di perutuhkan untuk 25 juta orang. sementara AS memiliki milyaran alamat IP yang terdaftar  untuk 316 juta orang. Jadi sangat sedikit warga yang dapat mengakses internet. 

Mempunyai Penanggalan Sendiri

Aneh memang, Negara korut mempunyai kalender sendiri yaitu kalender juche yang di perkenalkan pada tahun 1997 dan di dasarkan pada tanggal lahir kim Il-sung yaitu tanggal 15 April 1912. Tak heran jika di tanggalan mereka bukan tanggalan tahun 2017 tapi 106.

Di lihat dari fakta tentang Negara korut di atas, nampaknya kita harus banyak bersyukur bisa tinggal di Negara Indonesia yang rakyatnya dberikan kebebasan dalam beraktifitas , menyampaikan pendapat, berkreasi asalakan itu semua positif dan tidak melanggar norma –norma yang berlaku di kehidupan bermasyarakat.

Segitu saja informasi yang bisa saya bagikan mengenai fakta unik Negara korea utara ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Korea_Utara
http://global.liputan6.com/read/2890015/10-fakta-gila-korea-utara-yang-mencengangkan
http://travel.tribunnews.com/2017/01/06/ngeri-ini-18-fakta-menyeramkan-kehidupan-di-korea-utara-patut-beryukur-tak-tinggal-di-sana
http://www.inspiradata.com/11-fakta-unik-negeri-kim-jong-un-korea-utara/
http://trivia.id/post/korea-utara-tertutup-dari-dunia-luar-7-fakta-kehidupan-di-1487824929
http://citizen6.liputan6.com/read/2864052/korea-utara-ciptakan-perkampungan-palsu-untuk-propaganda
http://www.dw.com/id/propaganda-di-korea-utara/g-16829062


No comments :

Post a Comment

© Softjan is powered by Blogger - Sponsored by Jual Sirup TJAMPOLAY