Comments

Yuk, Mengenal Lebih Dekat Sistem Pendidikan Di Finlandia

Posted by at Saturday, April 29, 2017 Read our previous post
Pendidikan Finlandia
Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia karena pada hakekatnya pendidikan adalah suatu usaha manusia untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, yang di dapat dari lembaga formal maupun non formal. 

Semakin besar dan maju sebuah bangsa di tentukan dengan  kualitas pendidikan yang baik dan memadai untuk warganya. Maka dari itu, di masing masing Negara di dunia mempunyai sistem pendidikan yang berbeda salah satunya Negara finlandia yang akan saya bahas di artikel ini.

Negara finlandia sendiri terletak di dataran eropa utara. Negara yang baru baru ini di kenal sebagai Negara industry ini merupakan sebuah Negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia bahkan pernah bertengger di peringkat pertama dunia sebelum tergeser oleh korea selatan.Dan sekarang finlandia hanya bertengger di peringkat 5 dengan sistem pendidikan terbaik di dunia menurut hasil penelitian yang di lakukan oleh lembaga penelitian The Social Progress Imperative. 

Walaupun hanya di peringakt 5 dengan sistem pendidikan terbaik di dunia, tetap saja Negara yang kebanyakan terdiri dari suku Finn ini mepunyai keunikan tersendiri dalam mendidik warganya sehingga menggugah saya untuk menulis artikel ini.

Salah satu prinsip kurikulum di finlandia adalah Non – discrimination and equel treatment yang artinya tidak ada diskriminasi dan mendapatkan perlakuan yang sama.

Jadi semua anak punya hak yang sama dalam menempuh pendidikan tanpa membeda bedakan yang kaya dengan miskin dan tidak membedakan sekolah favorit dan sekolah biasa. Jadi tidak ada kesenjangan di dalamnya. Sehingga siswa bisa masuk di sekolah manapun tanpa melihat berkelas atau tidak nya sekolah tersbut.

Beberapa Hal  Yang  Kamu Harus Tau Tentang Sistem Pendidikan Di Finalndia Yang Saya Rangkum Dari Berbagai Sumber :

Anak Mulai Bersekolah Ketika Menginjak Umur 7 Tahun


Anak – anak di finlandia sebelum berumur 7 tahun tidak di wajibkan belajar. Anak di bawah 7 tahun hanya di perbolehkan bermain dan bersosialisasi saja. Karena di sana sangat menghargai anak-anak untuk bermain bebas tanpa ada tuntutan untuk belajar. lebih tepatnya anak usia dini di finlandia di fokuskan dalam pengembangan kepribadian anak bukan skill dan kurikulum . Sedangkan di Negara kita  anak-anak di umur 4 tahun sudah di paksa masuk sekolah dini seperti PAUD dan sudah di ajarkan menghitung.

Sekolah anti PR dan UN

Di pendidikan kita sangat familiar dengan yang namanya PR Dan menjadi suatu yang menakutkan jika berhadapan dengan UN. Siswa di finlandia sana tidak di bebankan PR  dan UN. Ujian nasional hanya berlaku sekali , beda dengan kita yang setiap menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi harus di hadapkan dengan yang namanya ujian nasional. Yang membedakan lagi dari Negara lainya, biasa nya ke lulusan yang menentukan hasil dari ujian tersebut, tapi di finlandia, guru lah yang layak menentukan lolos atau tidak nya murid tersebut untuk naik ke jenjang pendidikan berikutnya. Karena guru lah yang paling tahu kwalitas murid bukan dari hasil ujian nya


Jam Belajar Minim


Finlandia menerapkan waktu belajar untuk siswa 45 menit belajar 15 menit istirahat. Orang orang sana meyakini bahwa siswa lebih mampu menyerap ilmu jika siswa meiliki banyak waktu untuk mengistirahatkan otak agar ketika belajar menjadi fokus. Alasan lainya dengan banyak nya jam istirahat memiliki manfaat kesehatan yaitu dengan aktifnya mereka bermain dengan teman dan tidak terpaku dengan hanya duduk di kelas saja.

Biaya Sekolah Gratis

Sekolah negri di finlandia tidak di bebankan biaya alias gratis. Biaya di tanggung oleh Negara. Dengan penduduk berkisar 5 juta jiwa pemerintah mampu menanggung biaya pendidikan sebesar 200 ribu euro. Biaya tersebut per siswa hingga menuju perguruan tinggi. Sehingga dari keluarga kaya maupun miskin bisa merasakan pendidikan yang sama.

Dalam Satu Kelas Jumlah Murid Di Batasi

Agar terciptanya suasana yang nyaman dan kondusif, Sekolah di finlandia hanya menyediakan slot murid per kelasnya terbatas maksimal 20 siswa. Beda dengan Negara kita yang satu kelas bisa di isi samapai 40 siswa. Dengan siswa yang sedikit sehingga mereka punya ruang gerak yang cukup untuk ber eksperimen. Dan belajar bagi siswa di finlandia tidak harus di kelas saja, melainkan para siswa lebih sering  melakukan kegiatan belajar di ruang terbuka.

Tidak Ada Kelas Unggulan, Semua Kelas Di Sama Ratakan

Tidak membeda bedakan kelas untuk siswa merupakan keunikan lainya dari pendidikan di finlandia. Di sana tidak mengenal kelas akselarasi, kelas regular, kelas internasional. Baik itu siswa yang kurang mampu atau kurang pintar berada di kalas yang sama dengan mereka yang kaya dan pintar. Jadi tidak ada jurang pemisah di antaranya.

Gaji Guru Besar

Di Indonesia banyak guru pada demo soal honor, Sementara di finlandia sana profesi guru menjadi salah satu profesi dengan gaji besar. Gaji guru di sana mencampai 40 juta per bulan. Hal tersebut mengantarkan gaji guru tertinggi ke-5 di dunia. Sehingga wajar jika di finlandia menjadi guru adalah sebuah capaian yang luar biasa . Karena seleksi menjadi guru sangat ketat. Calon guru dengan ijazah S-1 hanya 5% yang diterima dan calon guru dengan ijazah S-2 20% diterima. Dengan seleksi guru yang ketat, terciptalah guru-guru berkualitas. Dengan guru yang berkualitas maka akan tercipta pulalah pendidikan yang berkualitas. Bahkan untuk masuk ke fakultas keguruan lebih sulit ketimbang fakultas kedokteran.

Tidak Ada Sistem Rangking

Seperti halnya sebuah kompetisi. Banyak para siswa yang saling kejar kejaran dalam meraih nilai yang sempurna walaupun meraih nya dengan cara kecurangan. Di finlandia tidak ada sistem rangking sehingga membuat mental anak menjadi kuat tidak ada diskriminasi di dalamnya. Penilaian siswa di lihat dari proses mereka mengerjakan tugas bukan dari jawaban salah dan benarnya tugas tersebut.

Penggunaan Bahasa Yang Beragam Ketika Belajar

Pendidikan bahasa finlandia merupakan salah satu yang di ajarkan pada hari pertama sekolah, Kemudian diumur 9 tahun mereka di ajarkan bahasa swedia yang merupakan bahasa resmi ke 2 di Negara tersebut. Lalu di umur 13 tahun mereka diajarkan bahasa inggris. Dengan begitu banyak di antara siswa ketika beranjak dewasa sudah mahir berbahasa inggris yang notabane bahasa global.

Konsistensi Kurikulum Di Finlandia

Di finlandia jarang sekali mengganti kurikulum pendidikanya. Sebelumnya memang sejak lama mereka mempersiapkan kurikulum pendidikanya. Mereka juga Nampak enggan menganti kurikulum yang baru. Dengan demikian tak akan terjadi kebingungan antara guru dan murid, dan fokus pada tujuan pendidikan bisa tercapai.


Bisa di ambil kesimpulan bahwa baik nya kualitas pendidikan dilihat dari guru dengan kualitas yang baik dan pemerintah yang mampu mendukung penuh pendidikan di negaranya dengan nyata bukan sekedar janji. 

Menurut Prof Erno August Lehtinen guru besar pendidikan dari universitas turku, Finlandia ketika di wawancarai detik.com menceritakan garis besar sistem pendidikan di finlandia sehingga bisa menjadi salah satu yang terbaik di dunia. 

Beliau menceritakan Pada awal abad setelah Perang Dunia II, Finlandia masih negara miskin. Tahun 1980 capaiannya masih di bawah rata-rata negara OECD (Organisation for Economic Co‑operation and Development-red), kami lantas membuat sekolah dasar komprehensif 9 tahun dengan penekanan yang kuat untuk kesempatan yang sama dalam pendidikan. 

Kami juga meluncurkan model pendidikan guru yang baru, satu yang kami kenalkan, berbicara tentang reformasi pembangunan berkelanjutan, kemudian diikuti pembentukan kembali fungsi sistem pendidikan. Hasil saintifik yang kami dapat dari studi ini, memang ada ketegangan kecil dalam meningkatkan sistem pendidikan ini lebih tinggi. 

Hmm.. rasa rasanya apakah bisa negara indonesia mencontoh sistem pendidikan di finlandia???? 


Segitu saja artikel mengenai Sistem Pendidikan Di Finlandia, Semoga artikel yang saya berikan bermanfaat.

Sumber : 

http://keepo.me/elfeny/13-fakta-unik-finlandia-negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-di-dunia
https://www.cermati.com/artikel/20-negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-di-dunia
https://id.wikipedia.org/wiki/Finlandia
https://news.detik.com/wawancara/d-3323020/profesor-finlandia-perhatikan-kualitas-pengajaran-bukan-lamanya-belajar
https://life.idntimes.com/education/francisca-christy/23-hal-yang-bikin-sistem-pendidikan-di-finlandia-maju-pesat-dibandingkan-indonesia/full
http://www.salamedukasi.com/2014/11/finlandia-kurikulum-dengan-kualitas.html



No comments :

Post a Comment

© Softjan is powered by Blogger - Sponsored by Jual Sirup TJAMPOLAY