Comments

Apa Sih Makar Itu? Pengertian Makar

Posted by at Saturday, January 28, 2017 Read our previous post
Assalamualikum, kali ini blog softjan akan memberikan  sebuah pengetahuan mengenai makar karena Akhir – akhair ini Negara kita (Indonesia) sedang di hadapkan oleh berbagai isu mengenai makar. Dan mungkin ada dari kita yang masih belum mengetahui makar itu apa. Maka dari itu saya akan membeberkan secara gamblang tentang makar itu sendiri .

AneIqbal

Makar menurut pandangan islam di definisikan sebagai  tindakan pidana yang di kategorikan kejahatan yang dalam perspektif hukum islam disebut dengan jarimah atau jinayat yaitu berbagai larangan hukum yang diberikan allah swt, secara singkatnya makar bisa dikatakan tindakan jahat yang dilarang oleh syariat.

Pengertian makar itu sendiri adalah suatu tindakan yang membuat pemerintah tidak dapat menjalankan fungsi dan tugasnya sesuai undang – undang. Tindakan makar menurut pasal 197 KUHP terdiri dari 4 macam yaitu tindakan makar terhadap pemerintah, makar wilayah, makar ideologi, dan makar terhadap Presiden atau Kepala Negara. (Dr.Mudzakir,SH.,MH).

Dalam kamus KBBI Online,  makar1/ma•kar/ n 1 akal busuk; tipu muslihat: segala -- nya itu sudah diketahui lawannya; 2 perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya: karena -- menghilangkan nyawa seseorang, ia dihukum; 3 perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah: ia dituduh melakukan.

Kata makar bukanlah istilah baru, pada zaman Nabi rencana makar (tipu daya) sudah dikenal yang tujuannya pada waktu itu ialah untuk menghancurkan Islam. Pihak yang menjalankan rencana makar tersebut mereka yakin bahwa jika mereka berhasil membunuh Nabi Muhammad, niscaya Islam akan hancur. Karena itulah, mereka lalu merencanakan makar dan berkomplot untuk membunuh Nabi Muhammad. 

Kasus makar pernah terjadi Saat Bung Karno masih menjabat presiden NKRI, seorang bernama Daniel Maukar melakukan serangan mengerikan ke istana negara. Dengan pesawat tempur yang dikendalikannya, pilot hebat Indonesia ini melakukan penyerangan yang mematikan. Untungnya, pada kejadian ini, Bung Karno sedang tidak ada di tempat sehingga nyawanya jadi selamat.

Akibat kasus penyerbuan ini, Daniel Maukar diadili atas tindakan makar terhadap negara dan juga presiden. Dia dijatuhi hukuman mati meski pada akhirnya diampuni dan hanya menjalani sekitar 8 tahun masa tahanan sebelum akhirnya bebas memasuki lengsernya era Bung Karno menjadi presiden di Indonesia.

Setelah lihat pengertian dia atas tentang makar apakah sama seperti kudeta?, Dan adakah persamaan antara makar dan kudeta ini?? Berikut penjelasanya : 

Kudeta atau makar pada dasarnya sebuah istilah yang dapat digunakan secara bergantian. Namun secara umum, kudeta lebih merujuk pada istilah politik sementara makar merujuk pada istilah hukum. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kudeta adalah kata kerja yang berarti perebutan kekuasaan (pemerintahan) dengan paksa. Sementara, dan seperti dijelaskan diatas bahwa kudeta adalah sebuah tindakan pembalikan kekuasaan terhadap seseorang yang berwenang dengan cara illegal dan sering kali bersifat brutal.

Inkonstitusional berupa “penggambilalihan kekuasaan”, “penggulingan kekuasaan” sebuah pemerintahan negara dengan menyerang (strategis, taktis, politis) legitimasi pemerintahan kemudian bermaksud untuk menerima penyerahan kekuasaan dari pemerintahan yang digulingkan.

Mungkin segitu saja tentang penjelasan yang singkat mengenai makar ini. Mohon maaf  Jika ada kekurangan dalam penjelasan di atas . Wassalam.

Sumber : http://okistudio.com/apa-makar-adalah/

               http://zetset.net/pengertian-dari-makar-dan-kudeta



No comments :

Post a Comment

© Softjan is powered by Blogger - Sponsored by Jual Sirup TJAMPOLAY