Comments

6 Perilaku Atau Kebiasaan Buruk Orang Indonesia Yang Membudaya

Posted by at Tuesday, October 20, 2015 Read our previous post

Indonesia memang rajanya budaya. Keunikan budaya Indonesia ini sangat beragam. Baik dari segi bahasa, kultur, Dan aturan aturan di setiap daerah yang berbeda beda keunikanya. Akan tetapi orang Indonesia ini termasuk gue juga sih , banyak melakukan prilaku – prilaku buruk yang di budayakan. Mulai dari korupsi, tidak di siplin, semaunya sendiri, dan aturan yang di buat untuk di langgar bukannya di di hormati.





Berikut ini, gue akan membagikan beberapa perilaku atau kebiasaan buruk orang Indonesia yang terkenal Indonesia bangetnya :

1. KORUPSI


kendaripos.co.id
Setiap lo lihat berita di TELETIPI pasti yang namanya kasus korupsi adalah salah satu berita yang sering kita dengar.  Banyak sekali kasus korupsi yang gak bisa gue sebutin satu persatu di Negara ini. Termasuk kasus korupsi yang  melibatkan pejabat- pejabat penting. Asal lo tau, masyarakat kita mulai dari kita sendiri, pasti pernah melakukanya, yaaaaaa …… walaupun gak seBIG yang di lakukakn pejabat kita. Korupsi dan suap menyuap memang sudah mendarah daging di Negara kita. Jadi, wajar jika banyak yang bilang bahwa semua urasan bakal lancar kalau ada MPuluuusZZZ. Soo, yang namanya hukum dan aturan ya cuma formalitas doang. Karna sudah menjadi system bahwa uang adalah raja di Indonesia.

2. NGAREEET


www.instawebgram.com
Udin : “Bro nanti kumpul ya jam 2. Kita bahas togel bareng bareng ?”
Mamat : “ ok bro gue jam 2 kesono”
Udin : Busyeet si mamat lama amat gak kesini – kesini udah jam 2 lagi “ Sambil ngedumel dalam hati ”.
Mamat : Din sory gue rada telat kerumah lo nya di karenakan gue di suruh emak nambal panci yang bolong”  nanti gue kesononya jam 3.
Udin : Alasan doang lo!!!!  yaudah gue tunggu.
Dan pada akhhirnya si mamat nyampe kerumah udin sekitar jam 4. padahal si mamat memberikan janji jam 2. Dengan alasan yang gak masuk akal.
Udin : Ah lo mah ngaret mulu jadi orang
Mamat : Kalau gak ngaret bukan orang Indonesia namanya din . hahahah.

Ya ngaret  adalah mengulur ulur waktu janjian atau pelaksanaan. Kadang yang di undangnya yang ngaret. Kadang yang ngundangnya yang malah ngaret dalam memulai acara,. Dan pasti lo pernah merasakan ketika di undang di acara semacam seminar, atau rapat yang di janjikanya  sih di mulai jam 8.  tapi tetep aje  mulainya jam 9. Ya pokoknya  inilah Indonesia di mana orang orangnya itu paling gampang buat janji. Tapi pelaksanaanya? tau sendiri lah.. .

3. Ngebully  atau bullying


jlpp.org
Bullying sendiri adalah perlakuan keras dan kejam kepada individu atau kelompok tertentu. Lebih tepatnya mengejek ataupun menghina  orang atau kelompok lain yang di anggapnya lemah. Bullying banyak terjadi di sekitar lingkungan sekolah, lingkungan kerja, maupun di internet seperti di segala media social. Biasanya yang sering banyak kena bully itu anak baru, entah itu adik kelas di lingkungan sekolah , yang masih junior jika di lingkungan  kerja, ataupun nyubee jika di internet. Tau sendiri ketika masa orientasi di sekolah . anak baru sudah pasti sering mendapatkan perlakuan yang kurang baik dari kakak – kakak kelasnya. Baik segi ucapan , maupaun perbuatan. Dan itu semua sudah menjadi suatu sistem buruk di dunia pendidikan kita. Di lingkungan kerja, ketika ada anak baru. Otomotis si anak baru ini  langsung menjadi target sasaran para seniornya . Entah dengan di suruh – suruh ini dan itu. Boro boro mengajari, ini bahkan senior memanfaatkan junior untuk mempermudah tugasnya, padahal sudah ada tugasnya masing masing. Dan kembali, ini semua sudah menjadi tradisi di lingkungan kerja Negara kita. Walaupun  tidak semuanya begitu.      Jadi pada intinya bullying itu kekerasan dan kalian pasti pernah merasakan di bully maupan ngebully, bukaaaan????

4. KUMSUMTIF


www.republika.co.id
Indonesia di kenal sekali dengan negara konsumtifnya. Kalau gak salah, sejak tahun 1970-an sampe sekarang juga masi di kenal Negara yang orang orangnya paling gemar dengan yang namanya belanja. Jadi wajar saja, jika Negara kita menjadi primadona Negara – Negara produktif semacam jepang, china, korea, untuk memasarkan produknya. GFK asia sebuah media cetak telah melakukan surpey bahwa  gejet merupakan produk yang banyak di beli oleh orang orang kita. Berdasarkan surpey yang mereka lakukan terhadap penjualan HENPON PINTAR di wilayah Asia Tenggara. Tahun 2013 saja, Indonesia merupakan menduduki peringkat pertama pembeli HENPON PINTAR terbanyak dibandingkan negara lain, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Filipina. Dengan total akumulasi nilai pembelian HENPON PINTAR sebesar US$ 10.8 Miliyar, penjualan henpon pintar di Indonesia mencapai US$ 3.33 miliyar (30.8%). Mencengaangkan bukan ?? . Itu baru GEJET. Belum barang barang lainya, semisal kendaraan ataupun barang elektronik lainya.

5. LEBIH MILIH PAKE OTOT DARIPADA OTAK


tagsecond.com


Sering kan lihat ataupun denger berita tentang tindak kekerasan yang terjadi di sekitar kita??. Seperti  Tawuran antar warga, pelajar, supporter bola, sampe anggota DPR juga sering  terlibat cek – cok dalam perdebatan bahakan sampai adu pukul .  Sehingga suasana rapat bak kebun binatang, ‘’ itu anggota DPR ape tikus rebutan ayam ya???, hahahaha ‘’ . Begitu mudah memang ketika ada masalah lalu gak mikir panjang langsung adu pukul saja. Orang Indonesia mah gitu . Kesenggol sedikit aje langsung maen bacok, di plototin aje langsung maen tusuk. Banyak masalah sepele yang di gede gedein di kita mah. Segitu mudah kah kawan melukai seseorang tanpa pikir panjang ??? MIKIR DONK MIKIR!!!! bukankah setiap permasalahan bisa di selesaikan dengan baik dan gak harus ada yang terluka sampe menyebabkan nyawa orang menghilang?  OTAK MANA OTAK ? JANGAN DI ANGGURIN AJA BOOOSSSS.

6. GAK SABAR KALAU LAGI ANTRI


photo.liputan6.com
Lihat ketika masyarakat sedang antri . Antri apa aja dah, mulai dari antri pembagian sembako, antri BLT, atau antrian lainya. Pasti saling dorong ,saling senggol, saling jambak, saling tarik tarikan kaos, untung ga sampe tarik-tarikan BEHA, nanti jadi BUAHAYA, hehehe. Dan intinya masyarakat kita itu masih kurang sabar dalam hal satu ini. YA dengan alasan takut gak kebagian, Takut antrian di rebut orang lain atau alasan lainya. Kalau sudah begini kan alamat pasti ada korban. Entah gara – gara keinjek masa, sesak nafas, bahkan yang lebih tragis sampai ada yang  MATI gara – gara antri . Apa harus di buat pembelajaran nih di sekolah untuk masalah antri ini. ??? .

Udah lah segitu saja beberapa prilaku dan kebiasaan yang menurut  gue udah membudaya di Negara kita. yah walaupun gak semua nya orang Indonesia seperti itu . Tapi tak bisa di pungkiri  memang orang orang kita rata - rata seperti itu, termasuk gue juga kadang pernah melakukanya. Berdoa saja lah  Semoga prilaku buruk yang gue sampein tadi tidak berkepanjang sampai ke anak cucu kita,amiiinnn. dimulai dari diri sendiri, yu kawan, kita bareng bareng merubah sikap atau prilaku buruk kita untuk Indonesia yang lebih baik dan maju lagi. Agar bisa di contoh generasi penurus kita, tentunya dengan hal yang baik baiknya saja.
Silahkan kalau ada yang mau nambahin. ??? . Dan minta maaf jika ada bahasa yang kurang berkenan. Wassalam.

No comments :

Post a Comment

© Softjan is powered by Blogger - Sponsored by Jual Sirup TJAMPOLAY